Articles

Peranan Penting Metal Analyzer dalam Industri Logam

Industri pengolahan logam adalah industry yang mengolah logam (metal working) untuk membuat perkakas atau suku cadang mesin. Istilah metal working mencakup semua pekerjaan logam yang luas, mulai dari pembuatan kapal-kapal besar dengan koponen baja yang besar dan keras, pembuatan kilang minyak lepas pantai atau pengeboran sampai pembuatan instrumen mesin yang presisi dan pembuatan perhiasan yang kecil dan halus maupun peralatan di bidang kesehatan. 

Maka dalam bidang metal working mencakup banyak keahlian, keterampilan dan penggunaan berbagai macam peralatan, termasuk penggunaan Metal Analyzer.

Peran Metal Analyzer dalam Industri Logam atau Pengolahan Logam sangat penting karena Pengunaan Peralatan Metal Analyzer dapat menentukaan hasil akhir produksi sesuai rancangan awal suatu produk metal. Dalam Pengolahan logam terdapat produk olahan seperti Berikut ;

Masing masing Pengolompokan Perlu Paduan atau formula khusus untuk membentuk suatu produk logam yang diinginkan sesuai karakteristik dan kegunaan benda yang terbuat dari logam yang telah dipadukan sesuai standar yang berlaku seperti ;Komposisi elemenent untuk sebuah Produk Besi Tuang atau cast Iron dan Stainless Steel,

Komposisi Besi Tuang

Utama   :  Fe (besi)

 Paduan :  C  (karbon)   = 2.75 – 4.00%

                 Si (silikon)    = 0.75 – 3.00%

                Mn (mangan) = 0.25 – 1.50%

    P  (posfor)    = 0.02 – 0.75%

    S  (sulfur)     = 0.02 – 0.2%

Komposisi Stailes Steell Berdasarkan Aisi Grade

Untuk Menghasilkan Produk Besi Tuang (Cast Iron ) atau Iron Steell atau olahan logam lain diperlukan sebuah Metal Analyzer Seperti OES maupun XRF untuk menentukan,memonitoring atau mensortir selama proses peleburan atau Foundry dalam sebuah Industri Logam yang mengahasilkan suatu Barang atau peralatan dari logam.

Dengan Bantuan Metal Analyzer Produksi Baja/Besi atau produk logam lainya bias di rancang dan dipadukan sesuai karakteristik yang dipuruntukan sesuai kegunaan alat tersebut. PT.Dynatech International Menyediakan berbagai macam alat Metal Analyzer untuk Menganalisa Senyawa pada suatu Logam baik Digunakan Di Industri Foundry maupun Pensortiran Material di Bisnis Scarp maupun Mining.

Untuk Industri Peleburan Atau Foundry ,PT.Dynatech Internasional Menyediakan Spectrometer dari Brand Hitachi High Tech dengan Teknologi Optical Emision Spectrometer (OES), Beberapa Series Spectrometer yang diproduksi oleh Hitachi High Tech seperti;

1. Foundry Master Expert

Optical Emission Spectrometer (OES) FM EXPERT terbaru ini merupakan OES Terbaik Dikelasnya ,FM EXPERT adalah Metal Analyzer jenis  spektrometer emisi optik yang menggabungkan kinerja analitik superior dengan ukuran yang ringkas. Rentang panjang gelombang yang besar sangat ideal untuk analisis semua elemen yang relevan dalam jaminan kualitas logam dan kontrol proses produksi. FM EXPERT mendukung analisis nitrogen pada tingkat rendah dengan sistem optik CCD baru.

FM EXPERT memiliki optik pintar yang dipatenkan dengan tampilan plasma yang lebih baik, menghasilkan kinerja analitik yang sangat baik dengan batas deteksi rendah di seluruh rentang panjang gelombang. FM EXPERT yang baru memerlukan interval perawatan yang lebih sedikit dan biaya kepemilikan dengan analisis nitrogen yang andal hingga batas deteksi hanya 30 ppm.

2. Stationary-Benchtop Optical Emission Spectrometer (OES) OE750

OE750 adalah Metal Analyzer OES terbaru yang inovatif. Mencakup spektrum lengkap elemen dalam logam, ia juga memiliki beberapa batas deteksi terendah di kelasnya.
Pengetatan peraturan industri, rantai pasokan yang kompleks, dan peningkatan penggunaan scrap sebagai bahan dasar berarti sangat penting bagi pabrik pengecoran logam untuk mengontrol elemen pelacak dan jejak pada kisaran ppm terendah. Secara historis, analisis OES pada tingkat ini berada di luar jangkauan banyak bisnis. Itu sekarang berubah dengan OE750 dari Hitachi High-Tech.

Spektrometer baru ini memungkinkan Anda untuk menganalisis semua elemen paduan utama dan mengidentifikasi elemen pelacak, jejak, dan perlakuan yang sangat rendah pada logam, seperti nitrogen dalam baja. Waktu pengukuran yang cepat, keandalan yang tinggi, dan biaya pengoperasian yang rendah berarti OE750 sangat berharga untuk analisis sehari-hari dan kontrol kualitas total, dengan kinerja yang setara dengan spektrometer yang lebih besar dan lebih mahal.

Ada lebih dari 45 tahun pengalaman industri logam di balik desain OE750 buatan Jerman. Dari mengukur nitrogen dalam baja dan besi hingga fosfor dalam aluminium, penganalisis ini memberi Anda analisis logam komprehensif yang Anda butuhkan untuk memenuhi spesifikasi tangguh saat ini.

Untuk analisis kualitas logam yang cepat dan komprehensif dalam satu instrumen yang terjangkau, OE750 dari Hitachi High-Tech memberikan semua yang Anda butuhkan.

3. Handheld X-ray Fluorescence Spectrometers (HHXRF)

Rangkaian X-MET8000 penganalisis fluoresensi sinar-X  (HHXRF) memberikan kinerja yang dibutuhkan untuk identifikasi kelas paduan yang cepat dan kimia yang akurat dari berbagai macam bahan (logam padat dan bubuk, polimer, kayu, larutan, tanah, bijih, mineral dll). X-MET praktis, kokoh, dan mudah digunakan untuk memberikan hasil yang dapat di andalkan dengan tampilan yang user friendly dan dilengkapi dengan Proteksi IP.54

Kami menyediakan berbagai model untuk memenuhi semua kebutuhan analisis dan anggaran untuk berbagai aplikasi.

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: