Articles

pengukuran sulfur dioksida

Pengurangan Sulfur Dioksida dalam Bahan Bakar

Sulfur dioksida dan sulfat telah menjadi sumber polutan udara beracun dalam bahan bakar otomotif. Pemberlakukan konsentrasi sulfur dioksida sangat rendah dalam bahan bakar telah diatur dalam undang-undang internasional, seperti batas 30 ppm untuk diesel di AS.

Arahan UE 2003/17/EC mengatur tingkat maksimum sulfur yang diizinkan di Uni Eropa menjadi maksimal 10 ppm. Di masa depan tingkatan dapat menurun lebih jauh dan akan lebih banyak negara yang berpartisipasi dalam pengurangan sulfur dioksida.

Analisis WDXRF adalah metode pilihan untuk menganalisis secara akurat dan tepat rendahnya tingkat sulfur dalam produk minyak bumi. Instrumen WDXRF mudah diintegrasikan dalam alur kerja industri, misalnya kilang dan laboratorium layanan komersial.

Hal ini dikarenakan, persiapan sampelnya sederhana, keandalan, kemudahan penggunaan, dan hasil analisis yang membuat WDXRF lebih unggul dibandingkan metode analitik lainnya. Metode uji standar ASTM D2622 menjelaskan cara mengukur tingkat S tinggi, sedang, rendah, dan ultra rendah hingga sub-ppm dalam berbagai jenis bahan bakar dengan spektrometri WDXRF.

Pengujian ini menggunakan kalibrasi yang sesuai dengan matriks untuk setiap bahan. Spektrometri WDXRF S6 dilengkapi dengan tabung sinar-X HighSense 400W dari bruker.

Software modern dengan pelacakan audit internal dan hardware canggih memungkinkan kinerja analitis terbaik di kelasnya. S6 Jaguar pun, mencapai sensitivitas luar biasa untuk berbagai elemen F hingga U dan berbagai opsi konfigurasi yang mengoptimalkan sistem untuk kebutuhan.

S6 Jaguar Bruker

S6 Jaguar merupakan pilihan yang tepat untuk analisis sampel airan. Berikut kelebihan dari S6 Jaguar.

  • Cangkir cairan khusus untuk pemuatan sampel cairan yang sederhana dan cepat
  • Teknologi SampleCare, melindungi komponen sistem penting
  • Teknologi cup-in-cup untuk perlindungan tambahan
  • Perangkat linak intuitif SPECTRA ELEMEN dengan solusi one button
  • Design yang kokoh dan komponene berkualitas tinggi agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
  • Layar TouchControl Ergonomis untuk pengoperasian tanpa PC

Persiapan sampel sulfur dioksida

Kalibrasi sulfur rendah dalam oli mineral menurut ASTM D 2622 dilakukan dengan tujuh standar sampel yang disiapkan dengan menggunakan standar secara komersial. Standar ini, mencakup rentang konsentrasi dari 0 – 100 ppm untuk rentang rendah.

Seluruh standar dapat dilacak ke sampel referensi NIST. 7gram standar dipipet ke dalam sel cair yang disiapkan dengan dukungan Mylar film 3.6m. Sampel diukur langsung setelah persiapan.

Pengukuran

Pengukuran yang dilakukan S6 Jaguar untuk ASTM D 2622 menggunakan kristal germanium yang dikombinasikan dengan kolimator standar. Sinyal S Ka dideteksi dnegan penghitung aliran proporsional. Eksitasi jalur ini, dilakukan dengan 27 kV dan daya 400 W penuh.

Hasil

Pengujian presisi analitik S6 Jaguar satu sampel di level terpenting 10.2 ppm diukur 25 kali satu per satu. Perbedaan maksimum yang diperbolehkan antara dua pengukuran berturut-turut, yaitu 0.93 ppm. Hal tersebut, berbeda dengan S6 Jaguar yang hanya sekitar 0.1 ppm.

S6 Jaguar memiliki berbagai kemampuan dan laporan ini menunjukkan bahwa S6 Jaguar dapat diandalkan untuk analisis bahan bakar. Sistem dengan mudah memenuhi persyaratan untuk WDXRF ASTM D 2622.

Spektrometer WDXRF membawa beberapa keuntungan ke lab user. Jika dibandingkan dengan AAS dan ICP-OES, termasuk biaya lebih rendah dan upaya kalibrasi yang minimal. S6 Jaguar dapat menganalisis sulfur dalam bahan bakar dan oli yang efisien waktu, akurat, kontaminan, logam aus dalam bahan bakar, pelumas, dan oli mesin.

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: