Articles

Mobil Hybrid Teknologi Untuk Mengurangi Dampak Pemanasan Global

Perkembangan dunia otomotif tidak hanya kemunculan kendaraan-kendaraan baru, namun juga teknologi yang mengiringinya. Sehingga perkembangan produksi kendaraan cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir khususnya mobil. Mobil sebagai transportasi sangat memudahkan manusia dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Selain mempercepat dan mempermudah aktivitas, di sisi lain penggunaan mobil juga menimbulkan dampak yang sangat buruk terhadap lingkungan, terutama gas buang dari hasil pembakaran bahan bakar yang tidak terurai atau terbakar dengan sempurna.

Hal ini mengakibatkan munculnya permasalahan bahan bakar terhadap isu tentang pemanasan global akibat efek gas rumah kaca. Salah satu upaya teknologi yang dikembangkan untuk mengurangi dampak buruk pemanasan global adalah mobil hybrid. Mobil hybrid menggunakan mesin yang menggunakan sumber energy listrik dan bahan energy minyak. Teknologi ini dianggap salah satu upaya untuk mengurangi polusi dan pemakaian bahan bakar minyak.

Salah satu bagian penting dalam mesin, yakni mesin pembakaran internal. Sesuai dengan namanya, di sinilah terjadinya proses pembakaran antara bahan bakar dan udara yang nantinya menciptakan tenaga yang digunakan untuk menggerakkan piston. Saat melihat mesin mobil, terlihat dari komponen yang cukup rumit. Namun secara umum terdiri dari atas beberapa komponen utama yang saling bekerjasama. Komponen inilah yang memiliki andil besar dalam menggerakkan kendaraan. Seperti blok mesin, ruang pembakaran, kepala silinder, piston, poros engkol/ crankshaft, camshaft, dan timing system. Cara kerja mesin mobil terbagi menjadi 4 proses yang meliputi intake, compression, power, dan exhaust.

Proses intake, pistok akan ditarik oleh crankshaft ke sisi bagian menuju bagian dalam silinder. Selama mobil bergerak, crankshaft akan terus bergerak. Katup yang terdapat pada mesin juga akan terbuka sehingga memungkinkan udara dan bahan bakar masuk dan bercampur di dalam silinder. Setelah katup saluran masuk kemudian ditutup, piston bergerak meremas atau mengkompres campuran antara udara dan bahan bakar udara sehingga membuatnya lebih terbakar. Saat piston bergerak ke sisi bagian atas silinder, pada saat itu juga steker pemacu terbakar, proses inilah yang disebut compression.

Mobil Hybrid

Kemudian, percikan api hasil dari proses kompresi kemudian menghasilkan ledakan kecil dan membuat bahan bakar yang terbakar menghasilkan gas panas yang mendorong piston ke sisi bagian bawah. Energi yang dilepaskan dalam proses power tersebut nantinya akan menjadi tenaga untuk menggerakkan crankshaft. Proses terakhir yaiut exhaust ketika katup saluran luar kemudian akan terbuka dan crankshaft pun terus berputar, mendorong piston agar menuju kembali ke silinder. Pada tahapan inilah gas hasil pembakaran akan dibuang melalui knalpot.

Gas pembakaran ini yang menyebabkan timbulnya upaya untuk memanfaatkan energy listrik untuk mengurangi polusi gas di udara. Sedangkan mobil listrik menggunakan baterai untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Pengisian baterainya menggunakan sumber eksternal. Daya dari baterai ini diteruskan ke bagian motor. Motor yang mengubah energy listrik menjadi energy mekanik atau putaran.

Walaupun mengkombinasikan sumber energy listrik dan juga bahan energy minyak, beberapa teknologi pada kendaraan mobil yang sama antara lain seperti electrics, electrical machine, engine, comfort and driver assistance, and driver train.

Baca: Metode IR untuk Quality Control Industri Farmasi

Teknologi Pada Mobil Hybrid

  • Electrics

Sistem kelistrikan mobil adalah rangkaian energy listrik yang disusun untuk menjalankan sebuah fungsi tertentu pada sebuah mobil. Dengan kata lain, semua sistem yang memanfaatkan energy listrik masuk dalam sistem elektrikal mobil. Pengaplikasian pada mobil seperti power supply, lighting systems, networking lighting systems, dan backfitting electrical systems.

  • Electrical machine

Sistem kelistrikan mesin adalah semua rangkaian kelistrikan yang terdapat pada mesin mobil. Pada mobil listrik yaitu motor listrik sebagai wiper motor dan pre-engaged-drive starters.

  • Engine

Pada kendaraan mobil, komponen yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga pertama kali adalah mesin atau engine. Secara konsep, elemen-elemen fungsional pada mobil listrik kurang lebih sama dengan mobil mesin pembakaran, namun memiliki implementasi yang berbeda. Penyimpanan energy yang berbeda antara mobil listrik dengan baterai sedangkan mobil pembakaran dengan tanki bahan bakar. Selanjutnya, energy tersebut dikonversikan ke tenaga dengan electrical machine. Pada mesin bensin, bahan bakar dicampur dengan udara, kemudian dikompres dengan piston dan kemudian dinyalakan oleh percikan api dari busi. Sedangkan pada mesin diesel, udara dikompresi terlebih dahulu dan bahan bakar disuntikkan karena udara memanas saat dikompresi, sehingga bahan bakar menyala.

Temperatur mesin harus dipertahankan pada temperature kerjanya, apabila temperature mesin terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat mengakibatkan beberapa masalah pada mesin. Sehingga mesin dilengkapi dengan mesin pendingin di dalamnya. Tipe sistem pendingin mesin yang pada umumnya sering digunakan sistem pendingin udara dan sistem pendingin air. Selain itu, ketika mesin beroperasi maka akan ada komponen-komponen di dalam mesin yang bersinggungan. Untuk mengurangi resiko keausan yang tinggi akibat gesekan maka mesin juga dilengkapi sistem pelumasan.

  • Comfort and driver assistance

Kenyamanan dan asisten pengemudi merupakan salah satu faktor utama yang dapat mendukung pada saat bepergian. Aplikasi dari comfort and driver assistance antara lain bantuan parkir, on-board computer, dan gaspedal elektronik.

Baca: Alat Peraga Fisika SMA yang Sering Digunakan Sekolah

  • Drive train

Selain kenyamanan dan asisten pengemudi, hal yang harus diperhatikan adalah sistem penggerak. Setiap mobil pasti memiliki jenis sistem penggerak yang berfungsi memindahkan tenaga yang dihasilkan mesin untuk menjalankan roda dan kendaraan. Drive train ini, terbagi mulai dari transmisi, beberapa menggunakan transfer gear, diteruskan ke diferensial yang nantinya berujung pada roda.

Alternatif teknologi kendaraan mengenai isu tentang pemanasan global dan juga upaya mengurangi bahan bakar minyak adalah penggunaan mobil Hybrid.

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: