Articles

Mikroskop Trinokuler: Bagian-Bagiannya, Definisi, Serta Cara Kerja

Mikroskop trinokuler merupakan jenis mikroskop cahaya yang memiliki tiga saluran untuk eyepiece dan kamera. Berbeda dengan mikroskop binokuler yang hanya bisa diamati oleh dua mata saja, mikroskop trinokuler memiliki satu lagi eyetube yang bisa disambungkan dengan monitor komputer atau proyektor dengan memasang kamera di salah satu eyetube-nya. Dengan begitu, mikroskop trinokuler akan sangat memudahkan Anda sebagai tenaga pengajar untuk menunjukkan hasil pengamatan kepada siswa melalui monitor maupun proyektor.

Seperti apa kira-kira cara kerja dan bagian mikroskop trinokuler? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Definisi lengkap mikroskop trinokuler

Secara umum, mikroskop trinokuler sama dengan mikroskop monokuler dan binokuler yang memanfaatkan cahaya untuk bisa melakukan pengamatan. Mikroskop jenis cahaya seperti ini menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi utama untuk melakukan pembesaran objek pengamatan. Dengan bantuan cahaya, mikroskop trinokuler ini bisa melakukan pembesaran mulai dari empat kali, sepuluh kali, empat puluh kali, hingga seratus kali pembesaran.

Meski mikroskop trinokuler membutuhkan cahaya sebagai energi utama melakukan pengamatan dan pembesaran objek yang diamati, namun cahaya yang digunakan tidak harus berasal dari cahaya matahari. Mikroskop ini bisa menggunakan cahaya yang berasal dari lampu, yang mana merupakan cahaya buatan. Cahaya lampu ini akan dibantu oleh lensa mikroskop agar bisa fokus pada objek pengamatan.

Cara kerja mikroskop trinokuler

Model terbaik dari mikroskop trinokuler memiliki kemampuan untuk pengamatan dari tiga posisi. Karena mikroskop trinokuler memiliki tiga tube, maka dua tube digunakan untuk melakukan pengamatan dengan menggunakan mata, sedang satu lagi eyepieces digunakan untuk melakukan pengamatan dengan kamera. Kamera yang terpasang kemudian dihubungkan dengan monitor agar bisa menampilkan hasil pengamatan dari objek secara jelas ke monitor atau proyektor.

Mikroskop trinokuler ini bisa melakukan tiga posisi: 100% cahaya ke teropong, 80% ke arah kamera, dan 20% ke teropong atau 100% ke kamera. Keuntungan terbesar dari kemampuan mikroskop trinokuler untuk melakukan tiga posisi ini adalah fleksibilitas dalam pengamatan. Contohnya saja, untuk keperluan fotografi brightfield, sistem mikroskop trinokuler dengan 20% untuk foto dan 80% untuk visual adalah pilihan terbaik.

Bagian-bagain mikroskop trinokuler

Sama seperti mikroskop jenis lainnya, mikroskop trinokuler juga memiliki bagian-bagian optik dan non-optik. Bagian optik dari mikroskop trinokuler adalah lensa okuler, lensa objektif, diafragma, cermin, dan kondensor. Sedangkan, untuk bagian non-optik dari mikroskop trinokuler adalah lengan mikroskop, tabung mikroskop, makrometer, revolver, meja benda, mikrometer, dan kaki mikroskop.

Bagian optik dari mikroskop trinokuler digunakan untuk fokus pada pengamatan langsung. Seperti lensa yang digunakan untuk melihat objek, diafragma untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk, cermin untuk memantulkan cahaya, dan kondensor untuk mengumpulkan cahaya.

Sedangkan, bagian non-optik dari mikroskop trinokuler digunakan untuk mendukung pengamatan. Seperti, lengan mikroskop untuk pegangan saat mengangkat mikroskop, tabung mikroskop untuk menyatukan lensa okuler dan objektif, revolver untuk mengatur perbesaran benda, meja benda sebagai tempat untuk meletakkan objek pengamatan, kaki mikroskop untuk penyangga dan tempat pegangan pada mikroskop, dan makrometer serta mikrometer yang gunanya untuk menaik-turunkan tabung dengan cepat.

Mikroskop trinokuler banyak digunakan di laboratorium penelitian maupun laboratorium sekolah. Jika digunakan pada laboratorium sekolah, maka mikroskop trinokuler akan sangat membantu Anda para tenaga pengajar menunjukkan hasil pengamatan secara lebih jelas kepada siswa.

Jika Anda membutuhkan mikroskop trinokuler untuk kebutuhan penelitian atau pengajaran, bisa dapatkan di Dynatech distributor peralatan laboratorim dan alat ukur. Semoga informasi ini membantu!

Informasi Lainnya

Mikroskop Stereo: Definisi, Fungsi, Cara Kerja, dan Bagian-Bagiannya 

Metode IR untuk Quality Control Industri Farmasi

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: