Articles

mikroskop stereo adalah

Mikroskop Stereo:Definisi, Fungsi, dan Cara Kerjanya!

Mikroskop stereo adalah satu dari sekian banyak jenis mikroskop yang digunakan di dalam laboratorium. Mikroskop ini memiliki lensa objektif dan lensa mata yang terpisah. Sehingga, memudahkan Anda untuk melakukan pengamatan karena ada dua jalur optik yang terpisah untuk setiap mata yang melihat.

Pengamatan yang bisa dilakukan melalui sisi samping menghasilkan pandangan miring ke mata kanan dan kiri sehingga menghasilkan visual tiga dimensi. Oleh karena itulah mikroskop stereo dikenal juga sebagai mikroskop bedah atau pembedah. Mari simak lebih lanjut tentang penjelasan mikroskop stereo.

Definisi mikroskop stereo

Mikroskop stereo umumnya digunakan untuk melihat spesimen hidup atau objek tiga dimensi. Mikroskop stereo memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan mikroskop lain biasanya. Mikroskop ini memiliki dua jalur optik yang terpisah, sehingga menghasilkan tujuan yang terpisah. Ini merupakan fitur yang tidak dimiliki oleh mikroskop lainnya.

Di samping itu, mikroskop stereo juga menggunakan cahaya sebagai sumber energi utama agar pengamatan dapat dilakukan. Sumber cahaya ini bisa berasal dari matahari maupun lampu. Cahaya yang didapat kemudian dipantulkan dari objek. Dengan begitu, mikroskop stereo akan menghasilkan perbesaran antara dua puluh hingga lima puluh kali.

Fungsi mikroskop stereo

Mikroskop stereo memiliki bagian-bagian berbeda yang bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Bagian dari mikroskop stereo ini sangat bervariasi sesuai dengan konfigurasi.

Mikroskop stereo banyak digunakan untuk aplikasi industri jam tangan. Elektronika dan lain lain Mikroskop ini juga bisa untuk bedah mikro. Ini umumnya digunakan di kedokteran atau rumah sakit. Jadi, bisa disimpulkan bahwa mikroskop stereo bisa digunakan untuk beragam bidang.

Cara kerja mikroskop stereo

Cara kerja mikroskop stereo beragam, tergantung pada jenisnya. Untuk mikroskop stereo tetap, Anda mungkin harus mengganti lensa mata karena mikroskop ini memiliki perbesaran tetap menggunakan dua lensa objektif. Perbesaran ini dibatasi oleh kemampuan lensa dan derajat tetap. Sedangkan, untuk mikroskop mikrofon Menara stereo, ada lensa objektif tambahan yang bisa Anda putar ke posisi pandangan. Anda bisa dengan mudah mengubah perbesaran dengan memutar pemasangan turret.

Lain lagi dengan mikroskop zoom stereo. Mikroskop ini adalah yang paling populer di mana Anda bisa melakukan pengaturan perbesaran dengan bebas dan mudah. Pengaturan perbesaran dan perkecilan pengamatan bisa Anda lakukan dengan mengganti lensa mata. Namun secara umum, mikroskop stereo menggunakan cahaya yang dipantulkan oleh objek untuk melakukan perbesaran. Sehingga, objek seperti spesimen, fosil, serangga, bisa terlihat di mikroskop stereo.

Bagian-bagian mikroskop stereo

Berikut bagian-bagian lengkap mikroskop stereo yang biasa digunakan dalam pengamatan:

  1. Kepala stereo: kepala stereo merupakan bagian paling atas mikroskop yang bisa dipindahkan. Di sini terdapat dua eye pieces yang digunakan untuk pengamatan.
  2. Lensa okuler: ini merupakan eyepieces yang ditetapkan perbesarannya hingga sepuluh kali.
  3. Pengaturan dioptre: pengaturan ini merupakan bagian yang digunakan untuk menyesuaikan hasil penglihatan di mata kanan dan kiri sehingga mengurangi perbedaan fokus.
  4. Lensa objektif: digunakan untuk menentukan perbesaran mikroskop stereo.
  5. Tombol fokus: tombol fokus mikroskop stereo digunakan untuk menggerakkan kepala mikroskop ke atas dan bawah untuk menghasilkan hasil objek yang lebih jelas.
  6. Pencahayaan: pencahayaan adalah bagian mikroskop stereo yang digunakan mengatur cahaya yang masuk.
  7. Klip preparat: merupakan objek yang akan diamati dengan menggunakan mikroskop stereo. Biasanya berupa sel terkecil dari tanaman maupun binatang.
  8. Meja preparat: merupakan bagian dari mikroskop stereo yang digunakan untuk meletakkan preparat objek yang akan diamati. Biasanya dilengkapi dengan penjapit agar preparat tidak bergeser.

                                                                                                                                               

Memahami definisi, fungsi, cara kerja, dan bagian mikroskop stereo akan memudahkan Anda saat melakukan pengamatan. Jika kebetulan Anda sedang mencari mikroskop stereo untuk melakukan pengamatan di laboratorium, bisa dapatkan di Dynatech distributor peralatan laboratorium dan alat ukur. Semoga informasi ini membantu!

Informasi Lainnya

Mikroskop Trinokuler: Bagian-Bagiannya, Definisi, Serta Cara Kerja

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: