Articles

Metode Rockwell untuk Pengujian Kekerasan Terhadap Logam!

Pengujian kekerasan dalam industri material merupakan sebuah bentuk pengujian yang dilakukan guna menentukan seberapa besar kemampuan suatu bahan terhadap perubahan. Dengan menekan benda yang diuji, akan diperoleh hasil yang bisa digunakan untuk analisa seberapa besar tingkat kekerasan dari bahan tersebut melalui beban yang diberikan terhadap luas bidang yang menerima pembebanan tersebut.

Pengujian kekerasan dalam industri material merupakan sebuah bentuk pengujian yang dilakukan guna menentukan seberapa besar kemampuan suatu bahan terhadap perubahan. Dengan menekan benda yang diuji, akan diperoleh hasil yang bisa digunakan untuk analisa seberapa besar tingkat kekerasan dari bahan tersebut melalui beban yang diberikan terhadap luas bidang yang menerima pembebanan tersebut. Salah satu bentuk pengujian kekerasan adalah pengujian rockwell atau rockwell hardness test.

Definisi Pengujian Kekerasan Rockwell (Hardness Rockwell Test)

Uji kekerasan rockwell atau Hardness Rockwell test adalah salah satu pengujian kekerasan banyak digunakan karena pengujian ini sederhana, cepat, tidak memerlukan mikroskop untuk mengukur jejak perubahan, dan tidak merusak.

Hardness Rockwell test adalah pengujian dengan cara menekan permukaan benda uji dengan suatu indentor. Penekanan indentor tersebut dilakukan dengan menekan beban pendahuluan (beban minor), kemudian ditambah dengan beban utama (beban mayor), kemudian beban mayor dilepaskan sedangkan beban minor masih dipertahankan.

Cara pengujian hardness rockwell test adalah berdasarkan pada penekanan sebuah indentor dengan suatu gaya ke permukaan yang rata dan bersih dari spesimen yang akan diuji. Setelah gaya tekan dikembalikan ke gaya minor, yang dijadikan perhitungan hardness rockwell test adalah dalamnya bekas lekukan yang terjadi itu.

Untuk alat pengujian hardness rockwell test adalah penguji harus memasang indentor terlebih dahulu sesuai jenis pengujian yang diperlukan, yaitu indentor bola bahan atau kerucut intan. Setelah itu penguji meletakkan spesimen yang akan diuji kekerasannya di tempat yang tersedia dan menyetel beban yang akan digunakan untuk proses penekanan. Untuk mengetahui nilai kekerasannya penguji bisa melihat jarum yang terpasang pada alat ukur berupa dial indicator pointer.

Kelebihan dari hardness rockwell test adalah mampu digunakan untuk bahan yang sangat keras. Bisa dipakai untuk batu gerinda hingga plastik. Cocok untuk semua material yang keras dan bahkan lunak. Adapun kekurangan hardness rockwell test adalah tingkat ketelitiannya rendah. Tidak stabil bisa terkena goncangan. Dan penekanan bebannya tidak praktis.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, alat pengujian rockwell hardness sudah sinkron dengan digital dan semakin mudah digunakan. Rockwell hardness test adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan hingga sekarang. Dengan berbagai macam implementasi digital di dalamnya. Dynatech selalu memberikan sentuhan teknologi terkini kepada Anda untuk mendapatkan hasil terbaik melalui alat hardness tester yang dijual untuk melengkapi kebutuhan Anda.

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: