Articles

Metode IR untuk Quality Control Industri Farmasi

Quality control atau QC adalah proses mereview segala macam kualitas dari faktor-faktor yang berhubungan dengan produksi. ISO 9000 mendefinisikan nya sebagai “bagian dari manajemen kualitas yang ber-fokus untuk memenuhi kebutuhan akan kualitas”.

Di dunia industri farmasi, setiap obat yang diproduksi haruslah memenuhi persyaratan mengenai khasiat, keamanan, dan mutu atau quality. Quality control di industri farmasi memiliki fungsi untuk menjaga mutu dan memastikan tidak ada penyimpangan. Untuk memudahkan proses quality control, seorang quality control manager dapat memanfaatkan berbagai cara, salah satunya dengan memanfaatkan Metode IR dan table spectrum IR

FT-IR spectrometer adalah alat yang memanfaatkan interaksi antara energi dan materi untuk menganalisis dan menidentifikasi senyawa, khususnya senyawa organik, bahkan hinggah Kuantitasinya. Sinar Infrared yang melewati celah sampel, dimana celah tersebut berfungsi mengontrol jumlah energi yang disampaikan kepada sampel. Kemudian beberapa infrared diserap oleh sampel dan yang lainnya di transmisikan melalui permukaan sampel sehingga sinar infrared lolos ke detektor dan sinyal yang terukur kemudian dikirim ke komputer dan direkam dalam bentuk puncak-puncak dan menghasilkan table spectrum IR.

FT-IR spectrometer ALPHA II dapat digunakan tanpa harus melakukan preparasi sampel terlebih dahulu yang akan memangkas waktu untuk mendapatkan hasil untuk quality control di dunia indrusti farmasi.

ALPHA II hadir dengan berbagai fitur yang akan mudahkan pengguna, seperti panel PC yang sudah terintegrasi dan pengoperasian yang menggunakan layar sentuh OPUS-TOUCH yang hanya membutuhkan tiga sentuhan untuk mendapatkan pengukuran, evaluasi, dan hasil. Inovasi di bagian teknis juga tidak ketinggalan, advanced stabilization akan memberikan sensitivitas yang lebih tinggi, spectral resolution dan spectral range yang lebih baik, serta ketangguhan dalam menghadapi berbagai tempratur suhu.

FT-IR spectrometer ALPHA II juga dilengkapi dengan teknologi Bruker Optics FT-IR yang memanfaatkan Diode laser, serta RockSolidTM interferometer yang memberikan sensitivitas yang luar biasa. Dengan fitur diatas Alpha II juga memiliki performa yang optimal dan luar biasa, konsisten dan stabil. Semakin memudahkan dalam proses quality control di industri farmasi.

Informasi Lainnya

Keunggulan Alat Ukur CMM yang Tidak Dimiliki Alat Sejenis Lainnya
Mikroskop Trinokuler: Bagian-Bagiannya, Definisi, Serta Cara Kerja

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: