Articles

fourier 80

NMR Fourier 80: Mengetahui Struktur MolekularJenis Kopi

Fourier 80 adalah spektrometer benchtop Nuclear Magnetic Resonance (NMR) berkinerja tinggi 80 MHz yang dirancang untuk laboratorium. Desain yang dimiliki magnet cryogen-free pada Fourier membuat NMR dapat digunakan di pelbagai jenis laboratorium.

Instrumen ini, dapat dipasang di fume hood atau di atas meja tanpa memerlukan infrastruktur baru. Perawatan pada instrumen tersebut, tergolong mudah dan relatif hemat biaya.

Performa Fourier 80 dikombinasikan dengan software intuitif yang menjadikan laboratorium manapun dapat memberikan hasil analisis definitif. Biasanya, analisis ini hanya dapat dilakukan dengan NMR.

Aplikasi fourier 80 pada kopi

Proses penggunaan Nuclear Magnetic Resonance untuk identifikasi dan verifikasi struktur molekul dapat diterapkan dalam aktivitas sehari-hari. Protokol ini, menerapkan teknologi NMR agar dapat mengevaluasi sampel kopi dengan mudah.

Pertanyaan, seperti “Apakah terdapat kandungan kafein dalam kopi yang saya sukai?” dapat terjawab dengan hal dasar NMR. Lalu, bagaimana menerapkan teknologi ini ke pelbagai aktivitas sehari-hari?

Salah satu, aspek yang unik dari aplikasi ini ialah  fraud detection. Pentingnya mengetahui perbedaan jenis kopi robusta dana arabika serta dampaknya pada industri kopi

Persiapan sampel merupakan kunci mudah untuk menggunakan NMR

Biji kopi, yaitu contoh bagus untuk digunakan. Hal ini dikarenakan, pentingnya persiapan sampel yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap hasil analisis NMR yang optimal.

Berikutnya, untuk membedakan biji kopi jenis arabika dan robusta diperlukan adanya penanda tertentu (16-OMC). Sampel kopi bubuk membutuhkan proses ekstraksi tertentu agar cukup mengevaluasi sampel kopi cair.

Spektrum 1H NMR analyzer ekstrak biji arabika (merah) dan robusta (biru) dapat dengan mudah dibedakan melalui singal penanda robusta, yakni 16-OMC. Setelah itu, pengukuran kafein dapat diukur.

Informasi mengenai eksperimen lainnya termasuk dalam Fourier EduLab. Tidak hanya protokol, langkah demi langkah yang terperincipun tersedia untuk siswa.

Bahkan, adanya panduan instruktur yang dapat memberikan informasi secara detail. Dengan demikian, sampel kopi diharuskan mengikuti protokol ekstraksi khusus. Hubungi kami di sini untuk mendapatkan langkah-langkahnya.

Tidak hanya itu, kami akan memberikan tiap solusi terbaik untuk perangkat laboratorium maupun industri Anda secara tepat.

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: