Articles

Mempelajari Struktur Polimer, Rantai Berulang dari Atom yang Panjang

Polimer adalah senyawa yang terbentuk melalui rangkaian atom panjang secara berulang-ulang. Polimer terdiri dari struktur polimer yang terbentuk dari satuan unit kecil yang terbentuk secara berulang-ulang disebut juga sebagai monomer. Walaupun mungkin istilah ini terdengar begitu teknis, sebetulnya polimer sudah digunakan oleh manusia sejak berabad-abad lalu. Saat itu, polimer kebanyakan digunakan dalam bentuk aspal, minyak, dan permen karet.

Industri Polimer

Barulah pada akhir tahun 1830-an lah industri struktur polimer modern mulai berkembang. Momennya pun bertepatan dengan masa revolusi industri. Seiring berjalannya waktu, struktur polimer pun hadir dalam lebih banyak jenis dan bentuk, khususnya di dunia industri.

Baca: Lengkap! Pengertian, Klasifikasi, dan Cara Kerja Spektroskopi 

Sekilas industri polimer di Indonesia

Beberapa dari Anda mungkin tidak menyadari ini, tapi sebetulnya pemanfaatan polimer di Indonesia cukup besar. Berdasarkan asalnya, polimer terbagi menjadi dua jenis, yaitu polimer alam dan sintetis. Sesuai namanya, polimer alam merupakan polimer yang terbentuk secara alami. Beberapa contohnya adalah protein, amilum, selulosa, dan pati. Nah, dengan mengonsumsi nasi, kentang, atau gandum, sebetulnya tanpa sadar kita sudah memanfaatkan polimer alam.

Sedangkan, polimer sintetis dibuat oleh manusia secara sengaja untuk berbagai tujuan. Struktur polimer sintetis inilah yang biasanya dimanfaatkan dalam dunia industri. Salah satu yang cukup ramai diperbincangkan di Indonesia adalah karet sintetis, dengan monomer stirena sebagai pembentuk utamanya. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki lahan karet paling luas di dunia, yaitu 3,4 juta hektar.

Secara umum, pemerintah Indonesia sudah cukup aware akan industri polimer di Indonesia. Demi lancarnya keberlangsungan industri ini, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia bahkan sudah secara resmi mengeluarkan keputusan khusus. Keputusan ini dituangkan secara tertulis dalam dokumen Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Industri Pengolahan Golongan Pokok Industri Karet, Barang dari Karet, dan Plastik Bidang Industri Produk Polimer.

Penggunaan polimer di industri

Pemanfaatan polimer di industri tanah air cukup luas. Mulai dari industri elektronik, otomotif, hingga dirgantara, hampir semuanya menggunakan struktur polimer. Contohnya, polimer dalam bentuk PVC lunak yang bisa Anda manfaatkan sebagai selang. Sedangkan, PVC keras bisa diolah menjadi pipa. Lalu, di industri otomotif, struktur polimer bisa Anda temukan dalam bentuk ban, yang dibuat dengan bahan dasar karet alam.

Bahkan penggunaan polimer juga masuk hingga ke level rumah tangga. Bagi yang sering memasak, kemungkinan besar Anda pernah menggunakan teflon atau alat masak anti lengket. Nah, alat ini juga merupakan salah satu bentuk polimer karena bahan dasarnya adalah politetrafluoroetilena.

Baca: Analisa Bahan Tambang Logam Nikel dan Proses Pengolahannya

MIR Polymer sebagai solusi dari Bruker Solution

Tentunya para pelaku industri tidak bisa serta merta langsung menggunakan struktur polimer untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dibutuhkan alat yang canggih dan proper untuk melakukannya. Di sinilah Bruker Corp bisa membantu Anda. Lebih dari 55 tahun beroperasi di industri penelitian, Bruker Corp menyediakan alat-alat dengan teknologi up-to-date untuk para researcher di dunia industri.

Berkaitan dengan pemanfaatan struktur polimer, salah satu alat unggulan buatan Bruker Corp adalah FTIR Spectrometers – Alpha II. Dengan adanya panel PC terintegrasi dan user interface OPUS-TOUCH, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan identifikasi senyawa polimer, mengevaluasinya, hingga membuat laporan. Dengan begitu Anda bisa menghasilkan produk dari struktur polimer dengan kualitas membanggakan. Tidak perlu bingung mencari, Anda bisa mendapatkan produk ini melalui Dynatech selaku distributor Bruker dan peralatan laboratorium resmi di sini.

Alpha II untuk polimer:

Video: Modern quality control of polymeric products!

Struktur polimer ternyata memiliki peran yang cukup besar dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terbukti dari banyaknya industri di Indonesia yang menggunakannya untuk melakukan produksi berbagai alat dan barang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: