Articles

Analisa Logam Mulia di Zaman Modern

Logam mulia adalah jenis logam yang sangat langka, memiliki nilai ekonomi yang tinggi, dan kurang reaktif daripada elemen yang lain. Logam mulia di zaman dahulu sebagai mata uang, kini logam mulia banyak digunakan sebagai investasi ataupun perhiasan. Elemen-elemen yang termasuk logam mulia adalah Emas, Perak, Platinum, Palladium, Ruthenium, Rhodium, Iridium, dan Osmium.

Teknik XRF (X-Ray fluorescence) adalah teknik anlisis yang digunakan untuk menentukan komposisi elemen tanpa merusak atau merubah material yang dianalisa. XRF akan menentukan komposisi elemen dengan mengukur sinar fluorescent X-Ray yang dipancarkan sampel setelah diterpa sumber sinar X-Ray utama. Setiap elemen yang dipancarkan oleh sampel memproduksi karateristik sinar fluorescent X-rays yang unik terhadap setiap elemen yang spesifik. Oleh karena itu XRF spectroscopy adalah teknologi yang yang cocok untuk analisis kuantitatif dan kualitatif dari berbagai bentuk material seperti bubuk, batangan, cairan, batu, produk, dan lain-lain.

Teknik XRF sangat populer karena kemampuannya untuk mengecek komposisi elemen tanpa meninggalkan goresan, tanpa kehilangan materi, dan tanpa menggunakan cairan kimia. Dan juga waktu yang dibutuhkan untuk menganalisa logam mulia yang sangat cepat dari berbagai elemen sekaligus.

Analisa logam mulia yang akurat sangat dibutuhkan oeh para penjual emas, pembuat perhiasan, bahkan pemilik toko penggadaian karena untuk menentukan harga dari raw material serta pengecekan akan elemen berbahaya adalah hal yang penting.

Hitachi XMET 8000 Portable XRF Series (X-ray Fluorescence) Spectrometer adalah salah satu alat yang biasa digunakan untuk menganalisa logam mulia dengan menggunakan teknik XRF yang sangat cepat dan juga akurat tanpa merusak sampe logam muia anda, dan akan memaksimalkan produktivitas anda.

Keunggulan lain dari Hitachi XMET 8000 Portable XRF (X-ray Fluorescence) Spectrometer adalah :

  • Easy to use, cukup dengan “point and shoot”
  • Low Levels of Detection, menganalisa segala ketidak murnian dan elemen berbahaya seperti Pb dan Cd
  • Fully Large 4.3” colour touchscreen
  • Display chemistry (%) and karat (kt) results, informasi yang lebih akurat
  • Portable, Compact dan juga ringan (1,5 Kg dengan baterai) dan muat dalam case yang kecil namun kuat
  • Rugged, IP54 memberikan perlindungan terhadap debu dan air, Kapton window yang tebal (smart mode), dan Optional shield (Optimum dan Expert model) mencegah detector dan tabung X-Ray mengalami kerusakan ketika mengetes komponen yang kecil dan juga objek yang tajam.
  • Powerful Data Management, anda bisa men-download hasil langsung ke USB dengan format CSV dan PDF yang secure serta kompatibel dengan printer bluetooth.
  • Support When You Need It, authorised and trained engineer yang selalu ada untuk anda yang akan selalu membantu segala permasalahan.
  • Long Battery Life, Baterai yang tahan lama dapat memaksimalkan produtivitas anda.

Hitachi XMET 8000 Portable XRF (X-ray Fluorescence) akan memberikan anda kemudahan dalam anaisa logam mulia tanpa merusaknya, dengan hasil analisi logam mulia yang cepat dan akurat dengan layar akan menampilkan segala informasi yang penting untuk anda.

Informasi Lainnya

Mengenal Alat Uji Tarik Untuk Berbagai Kebutuhan Test
Mikroskop Digital: Definisi, Fungsi, Cara Kerja, dan Bagian-Bagiannya

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: