Articles

Alat Peraga Fisika SMA yang Sering Digunakan Sekolah

Pembelajaran yang satu ini memerlukan alat peraga fisika mengingat ini adalah pelajaran yang rumit. Tidak bisa dipungkiri bahwa pelajaran fisika adalah salah satu pelajaran yang paling dihindari di Sekolah. Keadaan ini sungguh ironis mengingat ilmu fisika adalah salah satu ilmu yang harus dikuasai bagi mereka di sekolah khususnya yang ingin kuliah di perguruan tinggi dalam bidang eksakta (bidang MIPA/sains, kedokteran, teknik, dan ilmu komputer). Ada banyak cara yang digunakan oleh para siswa di sekolah untuk belajar tentang konsep-konsep pelajaran fisika di kelas agar lebih mudah dipahami. Namun, tetap saja konsep nya yang sulit untuk dibayangkan sehingga menghambat proses pemahaman belajar mengajar.

Oleh karena itu, guru di kelas bisa menggunakan alat peraga fisika untuk membantu menjelaskan tentang konsep dan materi di kelas. Sehingga para siswa dapat menghubungkan secara teori dengan sesuatu yang nyata. Hal ini akan menyebabkan para siswa dapat memahami materi fisika lebih dalam. Biasanya ada beberapa contoh alat peraga fisika SMA yang sering dipakai di dalam kelas.

Baca Juga: Analisa Logam Mulia di Zaman Modern

Alat Peraga Fisika

Kurikulum pelajaran fisika SMA sd Universitas dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu Fisika Dasar dan Fisika Modern. Fisika Dasar dan Fisika Modern. Fisika dasar mencakup topik-topik mengenai fisika mekanika, fisika panas, fisika elektrik, fisika elektronika dan sebagian topik dari fisika optic. Sedangkan fisika lanjut atau fisika modern sangat berhubungan erat dengan fisika atomik, fisika zat padat.

Pendulum

Fisika Mekanika

  • Fisika mekanik adalah ilmu fisika yang mempelajari tentang gaya gaya yang bekerja pada sebuah benda uji. Hukum yang paling sering dipergunakan adalah Hukum Newton mengenai kekalan energi dan hukum newton mengenai gerak.
  • Alat peraga fisika yang umum digunakan pada percobaan fisika mekanik adalah percobaan laju dan percepatan sebuah benda, percobaan tumbukan dan momentum, percobaan gerak translasi, gerak rotasi, osilasi, gelombang, akustik, dan hidrodinamika.
  • Contoh:
  • Pada percobaan alat peraga fisika sma tentang laju dan percepatan benda biasanya berupa track lintasan dengan kereta sebagai benda yang bergerak sepanjang track lintasan dengan mengukur waktu yang ditempuh.
  • Pada percobaan alat peraga fisika tentang momentum biasanya berupa air track yang dilengkapi dengan kereta-kereta unuk mensimulasikan tumbukan atau kecepatan atau percepatan.
  • Pada percobaan alat peraga fisika tentang gerak harmonik sederhana (osilasi) biasanya berupa bola pendulum yang diikatkan oleh pita tali, kemudian digerakkan dalam keadaan berosilasi sempurna sampai keadaan diam dengan mengukur waktu yang ditempuh.

Fisika Panas

  • Fisika panas adalah ilmu fisika yang mempelajari tentang konversi energi dan panas dan juga aplikasinya. Pembelajaran thermodinamka sangat penting untuk mempelajari efisiensi dan efektifitas pada sebuah percobaan.
  • Alat peraga Fisika Panas yang umum dipergunakan adalah: Percobaan ekspansi termal, transfer panas, energi panas, transisi fase, teori gas kinetis dan thermodinamika.
  • Pada percobaan alat peraga fisika tentang pemuaian benda padat dengan menentukan perubahan panjang yang telah dipanaskan. Sehingga dapat mengetahui koefisien muai panjang benda padat tersebut.

Fisika Listrik

  • Pembelajaran kelistrikan sangat penting dilakukan sejak dini. Pemahaman kelistrikan menjadi fundamental penerapan sains dalam kehidupan sehari-hari.
  • Alat peraga fisika listrik yang biasa digunakan adalah: Pembelajaran elektrostatis, magnetostatis, induksi elektromagnetik, mesin listrik, arus AC dan DC, fundamental dari fisika listrik seperti hukum ohm dan hukum kirchoff.
  • Contoh:
  • Pada percobaan alat peraga fisika tentang medan magnet ingin membuktikan bahwa jika kawat panjang dialiri arus listrik maka akan timbul medan magnet (Hukum Biot-Savart) disekitar kawat tersebut.
  • Pada percobaan alat peraga fisika tentang rangkaian arus listrik AC dan DC serta memahami hukum kirchoff untuk mengetahui rangkaian seri dan pararel secara nyata.

Fisika Elektronika

  • Fisika Elektronika
  • Pembelajaran fisika elektronika biasa mencakup pembelajaran tentang gerbang logika, fenomena dasar tentang elektronika, aplikasi sirkuit, serta pembelajaran proses digital dan juga basic-basic dari kontrol.
  • Contoh:
  • Pada percobaan alat peraga fisika tentang komponen-komponen pada rangkaian dasar seperti rangkaian diode dan rangkaian transistor
  • Pada percobaan alat peraga fisika tentang gerbang logika, serta memahami tentang rangkaian logika seperti flipflop, counter.
  • Pada percobaan alat peraga fisika tentang konversi AD dan DA.

Baca Juga: Spektrometer: Pengertian, Fungsi, Cara kerja, Prinsip

Fisika Optik

  • Fisika optik adalah ilmu-ilmu yang mempelajari tentang sifat cahaya dan perilaku cahaya dengan materi. Optik dijelaskan dan ditandai dengan fenomena optic. Materi bidang optic biasanya menggambarkan sifat cahaya tampak, sinar inframerah dan ultraviolet, tetapi sebagai cahaya adalah gelombang elektromagnetik.
  • Alat peraga fisika optik dimulai dari pembelajaran optik geometri, pembelajaran disperse dan kromatik, praktikum polarisasi, kecepatan cahaya, spektrum dan spectrometer.
  • Contoh:
  • Pada percobaan alat peraga fisika optik tentang sifat gelombang cahaya seperti dispersi cahaya, interferensi cahaya, difraksi cahaya, dan polarisasi cahaya.
  • Pada percobaan alat peraga fisika spectrometer bertujuan untuk mengetahui sudut puncak prisma, indeks bias prisma, serta memahami prinsip kerja spectrometer.

Baca Juga: Yuk Ketahui Jenis Jenis Mikroskop Untuk Penelitian

Fisika Modern

  • Fisika modern adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku materi dan energy pada skala atomic dan partikel-partikel subatomic atau gelombang. Pada prinsipnya sama dengan fisika klasik, namun materi yang dibahas dalam fisika modern adalah skala atomic atau subatomic dan partikel bergerak dengan kecepatan tinggi. Praktikum fisika modern mencakup pembelajaran tentang dualisme partikel gelombang, radiasi benda hitam, konstanta planck, sinar-x, radioaktivitas, dan percobaan seperti percobaan thomson dan milikan.

Fisika Atom/Nuklir

  • Fisika atom adalah ilmu yang mempelajari atom sebagai system terisolasi dari electron dan inti atom. Fisika nuklir adalah ilmu yang mempelajari inti atom, serta perubahan-perubahan pada inti atom. Praktikum fisika atom mencakup pembelajaran tentang kulit atom seperti deret balmer, spectrum emisi dan penyerapan, efek Zeeman, percobaan Franck-Hertz, spin electron. Sedangkan praktikum fisika nuklir mencakup pembelajaran tentang hamburan Rutherford, resonansi magnetic nuklir, efek Compton, sifat partikel radiasi, dan sifat partikel radiasi.

Fisika Zat Padat

  • Fisika zat padat adalah ilmu yang mempelajari sifat dan perilaku pada kristal. Kristalografi merupakan bidang ilmu yang mempelajari struktur suatu bahan yang tampak secara eksternal maupun mikroskopik, serta ilmu yang mempelajari tentang bentuk, pertumbuhan, struktur kimia, ikatan, dan sifat-sifat fisik. Praktikum fisika zat padat mencakup pembelajaran tentang struktur kristal, hamburan sinar-x, efek hall, konduktivitas, sifat magnetik, scanning probe microscopy, analisis fluorescence sinar-x.