Articles

4 Alat Penghitung Kalori yang Bisa Anda Gunakan  

Anda pasti pernah bertanya-tanya bagaimanakah kalori yang tertera dalam kemasan makanan bisa dihitung dan ditemukan? Jawabannya adalah dengan menggunakan alat penghitung kalori. Alat penghitung kalori atau calorimeter merupakan alat untuk mengetahui ada berapa kalori yang terkandung dalam bahan atau makanan jadi.

Alat penghitung kalori biasanya digunakan untuk keperluan ahli gizi dalam meneliti atau mengembangkan bahan atau makanan jadi. Dalam bentuk cair atau padat, makanan yang akan diperiksa kalorinya bisa diperiksa dengan menggunakan beberapa kalorimeter atau alat penghitung kalori yang memiliki beberapa level automasi sesuai denga tipe dan kebutuhannya.

Alat penghitung kalori berikut ini dapat mengukur kalori dengan tepat, akurat, menyediakan data hasil yang presisi. Mari simak tipe dan keunggulan dari masing-masing alat penghitung kalori atau kalorimeter.

Baca: Panduan Cara Tepat Menghitung Kalori Pada Makanan Sehari-hari

List Alat Penghitung Kalori

1. Kalorimeter C1

Figure 1. Bomb Kalorimeter C1 – IKA

Alat penghitung kalori C1 merupakan alat penghitung kalori paling kecil yang tidak akan memakan tempat. Meski ukurannya kecil, calorimeter C1 memiliki level automasi yang tinggi. Alat penghitung kalori C1 akan memudahkan hidup Anda dengan akurasi yang sangat tinggi.

Kalorimeter ini bekerja menggunakan prinsip isoperibolis di dalam case yang kokoh. Hal ini membuat alat pengukur kalori C1 sebagai alat yang tangguh untuk kepentingan industri maupun laboratorium pengetesan. Alat pengukur kalori ini sangat populer dalam ranah industri pengolahan limbah, industri bahan makanan serta pakan ternak, dan industri konsturksi sector material.

Alat penghitung kalori C1 sangatlah ringan dengan ruang pembakaran yang mudah dilepas-pasang. Alat penghitung kalori C1 juga sudah menggunakan teknologi otomatis penuh yang memudahkan penggunanya. Terdapat sistem pengisian, pengeluaran, dan pelepasan oksigen dan air, dan sistem pemasalan yang juga otomatis.

2. Kalorimeter C 200

Figure 2. Bomb Kalorimeter C 200 – IKA

Jika Anda sedang mencari alat penghitung kalori yang cocok untuk digunakan di laboratorium sekolah, maka kalorimeter C 200 jawabannya. Alat penghitung kalori ini memiliki fungsi untuk beberapa standar penggunaan. Selain itu, alat pengukur kalori ini tergolong kuat sehingga pemeliharaannya tidak merepotkan.

Untuk alat penghitung kalori C 200 terdapat “Student Mode” yaitu mode untuk bisa digunakan siswa belajar menghitung kalori dengan jelas dan instruktif. Kalorimeter ini sangat cocok digunakan untuk tujuan belajar dan pendidikan di sekolah, akademi teknik, universitas dan institusi nasional, dan laboratorium dengan volume sampel yang kecil. Dengan adanya “Student Mode” ini siswa akan lebih mudah untuk mengetahui setiap tahapan dan proses dalam menggunakan alat penghitung kalori.

3. Kalorimeter C 3000

Figure 3. Bomb Kalorimeter C 3000 – IKA

Alat penghitung kalori C IKA C 3000 adalah penerus model C 2000 kami yang canggih secara teknologi, dengan fitur-fitur baru yang hebat seperti sampel yang berjalan lebih cepat, bejana dekomposisi berbentuk sphere untuk transfer panas yang lebih cepat dan layar sentuh yang nyaman untuk pengoperasiannya. Kemudian untuk pengisian oksigen dan seluruh proses penanganan air sepenuhnya otomatis.

Alat penghitung kalori C 3000 juga dapat menghitung hingga empat sampel berbeda dalam satu set kode yang sama. Pengukuran dan perhitungan nilai kalor bersih sesuai dengan ISO 1928, ASTM D4809, ASTM D5865, ASTM 240 dan GB T213. Area aplikasi termasuk industri listrik dan semen di mana analisis akurat sangat penting. Dengan bentuk alat yang tangguh, alat penghitung kalori C 3000 dapat beroperasi dengan baik dalam jangka waktu yang lama meski dalam lingkungan yang tidak ramah alat sekalipun.

Baca: Mengenal Prinsip Kerja Alat FTIR

4. Kalorimeter C 6000

Figure 4. Bomb Kalorimeter C 6000 – IKA

Jika Anda membutuhkan alat penghitung kalori yang bisa digunakan untuk memeriksa sampel dalam jumlah yang sangat banyak, maka kalorimeter C 6000 adalah jawaban Anda. Kalorimeter ini dilengkapi dengan teknologi yang lebih canggih lagi. Adanya layar sentuh yang intuitif akan memudahkan Anda dalam menggunakannya. Selain itu, alat pengukur kalori ini menghasilkan hasil yang akurat dan berkualitas tinggi.

Alat penghitung kalori C 6000 sangat cocok untuk sektor yang membutuhkan hasil yang presisi dan berstandar tinggi, dan juga sektor yang memeriksa sampel dalam jumlah besar. Alat penghitung kalori ini memiliki wadah dekomposisi yang berbentuk bulat yang dapat meningkatkan penyaluran panas dan mempercepat waktu pengukuran.

Sekarang Anda telah tahu dan mengenal beberapa tipe alat penghitung kalori yang dapat memudahkan Anda dalam menghitung kalori. Setiap tipe akan cocok untuk tujuan dan industri yang berbeda-beda. IKA menyediakan berbagai peralatan yang memudahkan Anda untuk mengerjakan penghitungan kalori di setiap kebutuhan.

Perusahaan asal Jerman ini merupakan penguasa pasar ketika digunakan untuk kebutuhan menentukan nilai kalori dari sampel cairan atau padatan. Pemilihan Bom kalorimeter oksigen IKA secara optimal diarahkan ke berbagai macam kebutuhan yang berbeda. ragam Kalorimeter yang ada antara lain: kalorimeter C 1, C 200, C 3000 dan C 6000. Untuk mendapatkan produk-produk dari IKA bisa hubungi Dynatech selaku distributor IKA serta peralatan laboratorium dan alat ukur terbesar di Indonesia.

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: