Articles

Macam-Macam Alat Praktek Kimia

Konsep yang kompleks dan abstrak dalam ilmu kimia menjadikan siswa beranggapan bahwa pelajaran kimia merupakan pelajaran yang sulit. Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari sifat dan komposisi materi (yang tersusun oleh senyawa-senyawa) serta perubahannya, bagaimana senyawa-senyawa itu bereaksi/ berkombinasi membentuk senyawa lain. Makanan, minuman, udara, pakaian, kendaraan, tubuh kita, benda-benda langit yang jauh dari kita tersusun oleh senyawa kimia.  Kehidupan manusia tidak dapat dilepaskan dari kimia, karena hampir setiap perubahan materi melibatkan proses kimia, proses pencernaan makanan, pembusukan sampah, penuaan kulit, perkaratan besi, pembakaran bensin, kebakaran hutan, pelapukan batuan, pembentukan bintang, pembuatan plastik, pembuatan sabun dan pembuatan obat adalah contoh-contoh proses kimia. Sehingga menjadikan siswa sulit untuk memahami yang muncul dari karakteristik materi pelajaran kimia itu sendiri yang sebagian besar konsepnya bersifat abstrak.

Oleh karena itu , hal yang harus dilakukan guru mengatasi kesulitan-kesulitan belajar kimia menggunakan alat peraga untuk membantu menjelaskan tentang materi dikelas secara pararel antara teori dengan percobaan. Hal ini akan menyebabkan para siswa dapat memahami materi kimia lebih dalam. Biasanya ada beberapa contoh alat peraga kimia SMA yang sering dipakai di dalam kelas.

Alat Peraga Percobaan Kimia

Alat peraga percobaan kimia dari kurikulum pelajaran di SMA hingga Universitas dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang yaitu kimia organik, kimia an-organik, kimia analitik, kimia fisika, kimia Teknik, dan biokimia.

Kimia an-organik

Kimia an-organik adalah cabang kimia yang mempelajari sifat dan reaksi senyawa anoragnaik. Ini mencakup semua senyawa kimia kecuali yang berupa rantai atau cincin atom-atom karbon, yang disebut senyawa organik dan dipelajari dalam kimia organik.

Alat peraga yang umum digunakan pada percobaan kimia an-organik adalah property material, reaksi kimia dan stoikiometri, serta senyawa air, udara, dan gas, dan sifat-sifat metal dan non-metal, dan larutan asam,basa,garam.

Pada percobaan property material seperti menentukan massa molaritas dan keadaan serta struktur materi. Pada percobaan reaksi kimia dan stoikiometri seperti hokum kekelan massa, hokum perbandingan tetap, dan hokum perbandingan berganda. Pada percobaan senyawa air seperti dekomposisi air, sintesis air, serta sifat-sifat air. Sedangkan pada udara dan gas lainnya, yaitu tentang komponen udara, produksi gas, reaksi dengan gas.

Kimia organik

Kimia organik adalah percabangan studi ilmiah dari ilmu kimia mengenai struktur, sifat, komposisi, reaksi, dan sintesis senyawa organik. Senyawa organik dibangun terutama oleh karbon dan hidrogen, dan dapat mengandung unsur-unsur lain seperti nitrogen, oksigen, fosfor, halogen, dan belerang.

Alat peraga yang umum digunakan pada percobaan kimia organik adalah senyawa organik, reaksi pada kimia organik, petrokimia, sertai sintesis dan pemurnian senyawa organik.

Kimia analitik

Kimia Analitik merupakan cabang ilmu Kimia yang mempelajari prinsip identifikasi, separasi dan kuantifikasi senyawa-senyawa kimia melalui pengembangan metode, teknik, dan instrumentasi yang dikaji secara fundamental dan aplikasinya.

Alat peraga yang umum digunakan pada percobaan kimia analitik adalah menentukan sifat wujud gas, cair, dan padatan, kromatografi, metode analisis optik, struktur analisis, analisis kuantitatif, dan penerapan analitik.

Kimia Fisik

Kimia fisik adalah ilmu yang mempelajari fenomena makroskopik, mikroskopik, atom, subatom dan partikel dalam sistem dan proses kimia berdasarkan prinsip-prinsip dan konsep-konsep fisika.

Alat peraga yang umum digunakan pada percobaan kimia fisik adalah kinetic reaksi, kesetimbangan kimia, termokimia, dan elektrokimia. Kinetik reaksi seperti katalis, ordo reaksi, dan laju reaksi.

Kimia Teknik

Teknik kimia adalah cabang ilmu Teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik

Alat peraga yang umum digunakan pada percobaan kimia Teknik adalah proses skala industry, produk dari bahan kimia, kimia dan lingkungan, proses transportasi dan produk yang terbuat dari bahan baku terbarukan.

Biokimia

Biokimia adalah kimia makhluk hidup. Biokimiawan mempelajari molekul dan reaksi kimia terkatalisis oleh enzim yang berlangsung dalam semua organisme. Lihat artikel biologi molekular untuk diagram dan deskripsi hubungan antara biokimia, biologi molekular, dan genetika.

Alat peraga yang umum digunakan pada percobaan biokimia adalah bioteknologi dan building blocks of life.Bioteknologi pada biokimia seperti proses bioteknologi, dan produk bioteknologi. Sedangkan building blocks of life seperti karbohidrat, asam amino, proteins, lemak dan minyak.

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: