Articles

Edukasi Industri 4.0: Peran Customization Automation dan IOT di Dynatech

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah revolusi industri 4.0. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada penggunaan teknologi dalam segala aspek kehidupan manusia. Termasuk pula dalam dunia industri. Dampak revolusi industri 4.0 ini cukup besar bagi perkembangan kehidupan saat ini. Apa saja manfaat dan dampak positif tersebut serta apa sajakah unsur penting dalam revolusi industri 4.0? Berikut ulasannya.

Unsur-unsur di dalam Industrial 4.0

Inti dari revolusi industri 4.0 adalah pemanfaatan teknologi untuk mendukung aspek kehidupan manusia dan masyarakat sehari-hari. Dalam revolusi industri 4.0 ini memiliki beberapa unsur yang tak dapat dipisahkan. Proses otomasi merupakan proses dari revolusi industri ke 3 yang dibawa ke dalam industrial 4.0 dimana proses otomasi ini diperkaya dengan teknologi teknologi yang memungkinkan semua proses dapat dilakukan secara mudah.  Adapun komponen tersebut adalah:

Unsur-unsur di dalam Industrial 4.0

    • IOT – Internet of Things

    Kita pasti sering mendengar tentang apa itu IOT , IOT adalah sebuah interkonektifitas antara sebuah device dengan si pengguna dan juga dengan device yang lainnya. Sebagai contoh , bukan hanya mobile phone atau komputer kita saja yang bisa berkomunikasi tetapi juga alat lain seperti mesin mesin produksi , alat alat di assembly line etc.

    • Cloud Data

    Cloud data adalah dimana semua data data disimpan, seluruh data ini dapat diakses oleh device yang terhubung dengan internet sehingga proses  penyimpanan data menjadi lebih mudah dan effisien

    • Big Data Analytics

    Big data analytics berhubungan erat dengan proses analisa untuk pengambilan sebuah keputusan. Data ini merupakan sebuah aset yang akan sangat membantu dalam penentuan strategi untuk berbisnis , menemukan produk yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan dari si pelanggan .  Semua proses ini dilakukan secara terstruktur sehingga banyak sekali kemudaha yang didapatkan

    • Smart Sensors

    Untuk melakukan otomasi secara optimal, maka smart sensor juga harus terintegrasi ke dalam proses industry 4.0 ini.  Tugas sensor ini adalah memberikan informasi sebanyak banyaknya kepada si pengguna sehingga mereka dapat menganalisa proses pekerjaan yang mereka lakukan secara cepat dan efisien

    • Augemted Reality

    Augmented reality adalah sebuah teknologi baru yang memberikan fitur nyata kedalam sebuah aplikasi .  Dengan menggunakan fitur ini pengguna dapat merasakan  sensasi yang nyata didalam aplikasi mereka.

    • Security

    Dengan berkembangnya proses pengolahan data maka proses keamanan juga harus meningkat untuk menghindari peretasan dan kebocoroan data penting

    • Collaborative Robots

    Collaborative robot adalah sebuah robot / mekanisme yang mampu menghbungkan sebuah proses produksi ke proses lainny adan juga memberikan informasi kepada si pengguna

    Semua fitur ini kemudian di integrasi kedalam sebuah proses baik itu produksi , assembli , maupun logistic sehingga memberikan data yang dibutuhkan untuk penngguna untuk melakukan analisa lebih lanjut.

    Dengan proses Industrial 4.0 maka industri diharapkan untuk berkembang dari segi flexibilititas , effisiensi produksi dan juga interaksi dengan customer

Baca Juga: Miliki Laboratorium Uji Pelumas, Indonesia Siap Meningkatkan Daya Saing Dalam Industri

Dampak Revolusi Industri 4.0

Dampak revolusi industri 4.0 sangatlah besar bagi perkembangan kehidupan manusia. Kita pun menjadi semakin mudah dalam menjalankan berbagai macam hal. Jika ditelaah lebih lanjut, manfaat dan dampak revolusi industri 4.0 ini akan membawa efisiensi dari segi produksi. Misalnya saja mengurangi biaya produksi dan waktu. Tak hanya itu, dampak revolusi industri 4.0 juga bisa dilihat dari segi sosial, ekonomi, hingga aspek produksi dalam ini adalah kinerja. Berikut ulasannya yang perlu Anda ketahui.

  • Dari Segi Sosial

Dampak yang pertama adalah dari segi sosial yang sangat signifikan. Kita dapat lihat dari masifnya penggunaan smartphone oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Masyarakat yang memiliki smartphone tersebut mustahil untuk tidak mengakses internet dan memiliki media sosial. Bahkan dari tahun ke tahun pengguna media sosial pun semakin meningkat.

Dampak revolusi industri 4.0 secara positif dari segi sosial adalah dapat mempermudah komunikasi antar manusia. Selain itu, berpengaruh pula pada meningkatnya lapangan kerja. Contohnya, seseorang dapat mengakses informasi mengenai lapangan kerja, dan sebagainya. Perputaran informasi pun menjadi semakin cepat. Lalu, bagi perusahaan perkembangan teknologi di internet juga bisa menjadi sarana untuk mengenalkan produk.

  • Dari Segi Ekonomi

Selanjutnya, yang paling dirasakan dari dampak revolusi industri 4.0 adalah dari segi ekonomi. Seperti disebutkan sebelumnya, revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan penggunaan mesin dan teknologi digital juga mempermudah aspek produksi. Dengan begitu, hal ini bisa membuat proses produksi menjadi lebih cepat da cistomizable.

Kemudian, dari segi efisiensi biaya adanya teknologi digital dapat memangkas biaya produksi secara signifikan. Lalu, dari segi promosi produk dari sebuah brand pun menjadi lebih efektif dengan menggunakan media sosial dan media internet. Bandingkan saja bila menggunakan cara konvensional ini akan memerlukan biaya yang cukup besar dan tidak bisa dijangkau oleh masyarakat secara luas layaknya melakukan promosi menggunakan media sosial atau digital.

Setidaknya itulah beberapa dampak positif dari revolusi industri 4.0 di Dynatech. Dampak ini juga dirasakan membawa perubahan yang signifikan bagi sebagian besar orang. Apakah perusahaan atau Anda secara pribadi juga merasakan manfaat yang sama dari adanya revolusi industri 4.0 tersebut?

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More articles: